AL-ASIL: PENAFSIRAN AL QURAN DENGAN BAHASA ARAB

  • Fathul Haris Haris MA'HAD ALY AL FITHRAH SURABAYA
Keywords: Bahasa Arab, Tafsir, Al Qur'an

Abstract

Al Quran adalah kalam Allah yang dibawa Nabi SAW sebagai pedoman standart hidup yang benar. Ia diwahyukan secara langsung ke dalam hati Nabi untuk kemudian disampaikan dan dijelaskan (bayan) kepada umatnya sebagai tafsir terhadap wahyu yang diembannya. Sejak saat itu sebenarnya bentuk penafsiran sudah mulai ragam. Para sahabat sudah memulai menjadikan rasionya untuk memahami ayat (karena kebetulah al Quran satu bahasa dengan Bahasa mereka) sehingga tidak ada kesulitan bagi mereka untuk memahami Bahasa al Quran. Bahkan setelah Nabi wafat penafsiran dengan Bahasa Arab semakin kentara dilakukan. Sebagaimana ragam kisah persaksian para sahabat yang melakukan itu. ketika al-Quran adalah kitab yang menggunakan bahasa Arab, maka sudah semestinya kaidah bahasa Arab adalah T{ariqat (cara) untuk memahami maknanya, sebab tanpa menguasai kaidah-kaidah itu, kesalahan dan pemahaman yang buruk akan terjadi. Kaidah-kaidah tersebut termuat dalam tiga komponen penting ilmu Balaghah yaitu ilmu bayan, ilmu ma’ani dan ilmu badi’. Namun dua di antaranya yaitu Ilmu al-Bayan dan ilmu al-Ma’ani menjadi kunci penafsiran al-Qur’an, ia memiliki keterikatan secara khusus dengan ilmu tafsir. Karena dua ilmu tersebut dapat menjadi perantara untuk membuka beberapa hal dalam al-Qur’an: Pertama, nilai balaghah yang terdapat dalam al-Qur’an. Kedua, membuka rincian makna yang termuat dalam al-Qur’an. Ketiga, membuka nilai kemu’jizatan al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Aziz (al), Taqiy al-Din al-Biqa’ Muhammad bin Ahmad bin ‘Abd (lebih dikenal
dengan Inu al-Najjar), Sharh al-Kaukab al-Munir,(Maktabah al-‘Abikan, cet ke II 1418 H/1997 M).

Alusi (al), Ruh al-Ma’ani fi Tafsir Al-Qur’an al-'Azim wa al-Sab'i al-Mathani, (Dar Ihya’ al-Turath al-Arabi, Beirut).

Agama RI, Kementrian, Al-Qur’an dan terjemahan, (Jakarta: 1431 H/2010 M).

Aplikasi al-Maktabah al-Shamilah (versi 10.000 kitab).

Baghawi (al). Ma’alim al-Tanzil, (Dar al-Tayyibah, cet IV ke 1417 H/1997 M).

Baidan Nasirudin, Wawasan Baru Ilmu Tafsir, (Pustaka pelajar, cet I, 2005 M)

Jattawy (al), Abdullah Zaini bin ‘Aziz bin sadiq bin ‘Arif, Kifayat al-Ashab, (tt,tp).

Kathir Ibnu. Tafsir al-Qur’an al-‘Azim, (Dar al-Tayyibah. Cet II 1420 H/1999).

Majlisi (al), Muhammad Baqir , Bihar al-Anwar Lidurar al-Aimmah al-Athar, (Beirut, tt).

Qur’an (al), Digital,. Al-Qur’an dan terjemahan, (versi 1.2, 1424 H/2004 M).

Sabuni (al), Muhammad ‘Aly , Safwatu al-Tafasir, (Dar al-Sabuni, cet I, 1417 H/1997 M)

Sabt (al), Khalid bin ‘Uthman, Qawa’id al-Tafsir, (Dar Ibnu ‘Affan, tt,tp).

Tabari (al), Ibnu Jarir bin Yazid bin Kathir bin Ghalib bin Amali, Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Qur’an, (Dar al-Hijr, cet ke II, tt, tp).

Tunisi (al), al-Tahrir wa al-Tanwir, (Dar al-Tunisiyyah, 1984).

Zarkasi (al), al-Burhan fi ‘ulum al-Qur’an, (Dar al-Ihya’ al-Kutub, cet I, 1376 H/1957 M).
Published
2020-03-28